Merawat Transmisi Mobil Manual Agar Lebih Halus dan Awet

IOtomotif.com – Mobil dengan transmisi manual memang lebih banyak di sukai pengguna mobil di Indonesia, khususnya anak muda yang menyukai tantangan dan sport. Selain karena perawatan dan harganya yang lebih murah dari mobil jenis transmisi matic, tarikan mobil transmisi manual memang lebih responsif dan kuat.

Berikut ini iotomotif akan membahas tentang tips merawat mobil transmisi manual agar transmisi lebih halus, enak di pakai dan awet.

Penyetelan Ketinggian Kopling

Lakukan penyetelan ketinggian kopling. Untuk memperhalus dan juga mempercepat pergantian gigi pada transmisi manual.Terlebih dahulu lakukan penyetelan pada kopling mobil Anda, karena efek dari jarak pedal kopling yang terlalu tinggi ini akan merengangkan jarak antara si kopling dan transmisi manual mobil Anda. Hal tersebut dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi kasar dan berat saat perpindahan dilakukan. Penyetelan tersebut dapat dilakukan dari pedal kopling dan juga untuk beberapa jenis kendaraan dapat dilakukan melalui kabel yang terhubungkan dari kopling ke transmisi yang terletak dari bagian mesin.Perlu diketahui juga, jarak antara kopling dan transmisi yang terlalu dekat dapat meningkatkan gesekan antara kedua bagian tersebut, dan ini dapat mempercepat keausan pada kopling Anda.

Oli Transmisi Berkualitas

Gunakan oli transmisi berkualitas. Untuk mempercepat dan memperhalus pengoperasian pada transmisi manual mobil Anda. Sebaiknya menggunakan jenis oli fully syntetis dengan viscositas 75-90 W. Karakter dari pelumas tersebut terbilang encer dan tahan panas, di mana penyusupan oli tersebut ke setiap bagian di transmisi Anda akan menjadi lebih cepat.Dan juga dapat memberikan proteksi terhadap transmisi Anda yang lebih optimal. Namun untuk beberapa jenis kendaraan seperti merek Honda,oli transmisi yang digunakan adalah oli mesin, karakter bahan metal yang digunakan pada transmisi tak berbeda dari mesin.

Produk Suku Cadang Asli

Gunakan produk genuine atau orisinal. Untuk memperpanjang umur pemakaian kopling Anda, sebaiknya gunakan produk yang asli. Mengabaikan hal tersebut, dapat memperpendek umur pemakaian kopling Anda, serta dapat mengabikatkan perpindahan pada tranmisi manual Anda menjadi kurang halus, dan juga dapat menimbulkan suara yang tidak halus saat kendaraan Anda melaju. Penggunaan dari produk asli juga dapat memberikan beberapa keuntungan, salah satunya diberikan garansi dari mulai 6 hingga 2 tahun, jadi jika terjadi kerusakan barang tersebut dapat dikembalikan.

Pemakaian Kopling

Hindari meletakan kaki di kopling. Agar kopling Anda tidak cepat aus, saat gigi sudah masuk dan kendaraan sudah melaju, biasakan agar kaki Anda tidak menyentuh pada pedal kopling. Efek dari kebiasan tersebut, dapat meningkatkan friksi antara kopling dan transmsi, yang dapat mempercepat umur pemakaian komponen tersebut. Dan jika hal tersebut dilakukan pada jarak tempuh yang jauh, ini dapat menimbulkan kemacetan pada sistem transmisi Anda, serta tingkat keausan yang sangat cepat.

Penggantian Oli Transmisi

Mengganti oli transmsi secara rutin. Untuk memperpanjang umur pemakaian transmisi mobil Anda, sebaiknya lakukan penggantian oli tersebut setiap 15.000 kilometer atau 8.000 mil. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, ini dapat mengurangi friksi disekitar transmisi mobil Anda , serta pengoperasiannya giginya pun selalu terasa halus dan mudan untuk dipindahkan.

Share
RELATED POST