Toyota All-New Yaris 2014 Terbaru Akan Diproduksi di Indonesia

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Toyota Motor Corporation (TMC) berencana untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi All-New Yaris generasi terbaru. Informasi ini didapat dari sumber internal Toyota Indonesia yang mengungkapkan keputusan Indonesia sebagai basis produksi All-New Yaris akan diumumkan prinsipal dua bulan lagi.

“Juni nanti diumumkan perakitan Yaris di Indonesia,” ujar salah satu sumber kepada iotomotif, beberapa waktu yang lalu. Untuk merakit hatchback ini, akan memanfaatkan pabrik kedua PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Saat ini, pabrik berkapasitas 140.000 unit setahun ini baru merakit Etios Valco dengan target 70.000-80.000 unit sampai akhir 2013.

Lalu sumber lain juga menjelaskan bahwa keputusan prinsipal Toyota mengalihkan produksi Yaris ke Indonesia disebabkan Toyota Thailand akan berfokus memproduksi varian “Eco Car” sesuai program pemerintah Thailand. Karena alasan itulah akhirnya produksi Toyota All-New Yaris akan dialihkan ke Karawang. Sama seperti ketika prinsipal (TMC) mengalihkan produksi Fortuner ke Indonesia mulai tahun lalu. “Perakitan Yaris dimulai pada akhir tahun ini atau awal tahun depan,” tambah sumber itu.

Memang Toyota banyak belajar dari pengalaman, terutama akibat banjir Thailand pada akhir 2011, Toyota sadar untuk tidak bergantung pada satu basis produksi. Keputusan produksi Yaris di Indonesia juga merupakan bentuk komitmen Toyota Motor Corporation terhadap Indonesia dengan investasi besar akhir tahun lalu. Dimana Presiden Direktur dan CEO TMC, Akio Toyoda pada akhir 2012 lalu mengumunkan penambahan investasi hingga Rp 26 triliun di Indonesia secara bertahap hingga 2020. Tahap awal, Rp 13 triliun sudah dikucurkan untuk periode 5 tahun ke depan melalui enam perusahaan, yakni Toyota Motor Corporation (TMC), Toyota Auto Body Co Ltd (TAB) , Toyota Tsusho Corporation (TT) , Aisin Seiki Co Ltd (AS), Denso Corp dan Daihatsu Motor Co Ltd (DMC).

Share
RELATED POST